Panduan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021.C



Panduan Instalasi Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Versi 2021.C -  Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah. Dalam rangka menyelenggarakan dan mengelola sistem pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengembangkan dan melaksanakan sistem informasi pendidikan nasional yang memuat basis data pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, untuk mewujudkan basis data pendidikan yang relasional sehingga mampu menghasilkan data untuk tiap entitas pendidikan, serta menampung dan mengintegrasikan semua data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data, perlu merancang data pokok pendidikan.


Sistem pendataan Dapodik pada tahun ajaran 2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2021.c. Secara sistem, pembaruan versi 2021.c disiapkan untuk dapat memenuhi 2 kebutuhan pemanfaatan data di semester genap ini. Aplikasi Dapodik versi 2021.c dikemas dalam bentuk installer.


Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2021.c di antaranya penutupan fitur penambahan GTK di SILN, sekolah di bawah naungan Kemenag dan sekolah di wilayah khusus, pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik, penutupan fitur tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB, penambahan variabel pernah PAUD, hobi dan cita-cita pada form registrasi peserta didik serta perbaikan-perbaikan lainnya.


Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021.c


1. SPESIFIKASI KOMPUTER / LAPTOP


  • Prosesor Intel Core i3 atau yang setara;

  • Aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome, mozilla firefox, atau opera.

  • Sistem operasi Windows 10;

  • Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;

  • RAM standar 4GB DDR3;



2. KODE REGRISTRASI DAN AKUN PETUGAS PENDATAAN

Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik versi 2021.c, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses instalasi. Kode registrasi diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP dan Admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK



3. UNDUH APLIKASI DAPODIK

Aplikasi Dapodik Versi 2021.c saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik versi 2021.c, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:


a) buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id


b) klik menu Unduhan


c) klik Unduh.



4. GENERATE PREFILL APLIKASI DAPODIK


Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir. Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif. Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:


a) generate prefill yaitu tahapan untuk mengambil data sekolah dari serveragar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline.


b) data sekolah yang diambil merupakan hasil sinkronisasi terakhir.


c) Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di Aplikasi Dapodik.


d) jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh Admin Dapodik di Dinas Pendidikan.


e) registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus terhubung internet (online).


f) jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill yang lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain, lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.


Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah- langkah di bawah berikut:

a) buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan


b) pilih menu “DATA PREFILL”


c) pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia dan disesuaikan dengan kode mapping prefill yang sudah tersedia.


01: Prov. D.K.I. Jakarta

02: Prov. Jawa Barat

03: Prov. Jawa Tengah

04: Prov. D.I. Yogyakarta

05: Prov. Jawa Timur

06: Prov. Aceh

07: Prov. Sumatera Utara

08: Prov. Sumatera Barat

09: Prov. Riau

10: Prov. Jambi

11: Prov. Sumatera Selatan

12: Prov. Lampung

13: Prov. Kalimantan Barat

14: Prov. Kalimantan Tengah

15: Prov. Kalimantan Selatan

16: Prov. Kalimantan Timur

17: Prov. Sulawesi Utara

18: Prov. Sulawesi Tengah

19: Prov. Sulawesi Selatan

20: Prov. Sulawesi Tenggara

21: Prov. Maluku

22: Prov. Bali

23: Prov. Nusa Tenggara Barat

24: Prov. Nusa Tenggara Timur

25: Prov. Papua

26: Prov. Bengkulu

27: Prov. Maluku Utara

28: Prov. Banten

29: Prov. Kepulauan Bangka Belitung

30: Prov. Gorontalo

31: Prov. Kepulauan Riau

32: Prov. Papua Barat

33: Prov. Sulawesi Barat

34: Prov. Kalimantan Utara

35: Luar Negeri

36: Hong Kong


Contoh untuk mengunduh prefill provinsi DKI Jakarta, gunakan kode 01:


1) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01/generate_prefill.php

2) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01A/generate_prefill.php

3) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01B/generate_prefill.php

4) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01C/generate_prefill.php

5) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01D/generate_prefill.php

6) http://prefill1.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik_2020_01E/generate_prefill.php


d) masukkan username, password, dan kode registrasi.


Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan Admin Dapodik Dinas Pendidikan.


setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate” dan tunggu proses selesai. Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.


Untuk dapat melanjutkan silahkan unduk panduan instalasi aplikasi dapodik versi 2021.c dengan menekan tombol di bawah ini :




Sekian semoga artikel ini bermanfaat,

Tampilkan Komentar