5 Cara Meningkatkan Umur Pakai Baterai Pada Laptop

Berikut ini cara meningkatkan umur pakai baterai pada laptop kamu agar tetap optimal dan tidak mudah rusak, selengkapnya dapat kamu baca disini.
Cara Meningkatkan Umur Pakai Baterai Pada Laptop

Meningkatakan Masa Umur Baterai Laptop - Umur baterai laptop adalah antara 2 dan 4 tahun. Dengan kata lain, daya baterai akan tetap optimal hingga 1.000 siklus pengisian baterai dan ketika terjadi pengosongan baterai. Tetapi beberapa faktor dapat menentukan masa pakai baterai, seperti pengaturan pada system operasi yang anda gunakan seperti windows dan macOS. 

Jika Anda ingin meningkatkan umur baterai laptop, Anda dapat mengikuti tips yang telah kami rangkum seperti berikut bawah ini.

Cara Meningkatkan Umur Pakai Baterai Pada Laptop

1. Gunakan opsi hemat daya

Pertama-tama, Anda harus memeriksa sistem manajemen daya laptop Anda. Dalam OS Windows, Anda harus pergi ke Opsi Daya. Cara mudah untuk mengakses opsi ini adalah dengan mencarinya di bilah pencarian dengan mengklik tombol Start Menu.

Di sisi lain, jika Anda pengguna macOS, Anda harus membuka Penghemat Energi yang terletak di Preferensi Sistem. Di sini Anda tidak perlu menyetel default untuk mengonsumsi daya minimum. Mengubahnya menjadi setelan konsumsi daya paling sedikit saat laptop sedang dalam mode tanpa charger adalah hal yang paling utama, karena Anda ingin laptop Anda mengonsumsi daya paling sedikit.

2. Gunakan beberapa software perawatan baterai

Setiap produsen laptop yang berbeda menawarkan alat perawatan yang berbeda untuk baterai laptop. Terkadang, mereka mungkin memberikan saran lain berdasarkan jenis baterai. Juga, mereka memiliki utilitas bawaan di sistem operasi seperti software bawaan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan alat tersebut untuk memantau kondisi baterai laptop.

Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa mendapatkan informasi penting tentang berapa banyak daya yang tersisa di laptop dan berapa lama waktu yang dibutuhkan laptop untuk mengisi ulang.

3. Gunakan monitor baterai

Alternatif hebat lainnya untuk alat perawatan baterai built-in adalah utilitas pihak ketiga. Hal baiknya adalah program perangkat lunak ini bekerja dengan semua merek laptop. Alat-alat ini akan membantu Anda mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang laptop Anda.

4. Turunkan kecerahan

Jika Anda memilih untuk menyetel tingkat kecerahan terlalu tinggi, Anda akan menggunakan terlalu banyak daya. Oleh karena itu, jika daya Anda sudah hampir habis, Anda dapat menurunkan kecerahan. Faktanya, kecerahan layar adalah elemen terbesar yang menggunakan sebagian besar daya baterai. Tapi jangan terlalu banyak mengurangi kecerahan karena akan membuat mata Anda lelah.

Tips lainnya adalah menonaktifkan kecerahan adaptif dan mengontrol sistem secara manual. Namun, itu tidak akan menghemat banyak daya.

5. Menjaga perangkat laptop tetap dingin

Pastikan laptop Anda tidak panas. Jika Anda menggunakan perangkat di lingkungan di mana terdapat terlalu banyak panas, Anda akan mengalami pengurangan yang cukup besar dalam jangka pendek maupun jangka panjang masa pakai baterai Anda.

Pematian termal yang sering akan mengurangi kesehatan baterai laptop Anda. Oleh karena itu, menjaga perangkat sekeren mungkin adalah yang terpenting.

Singkat cerita, jika Anda mengikuti 5 tips ini, Anda akan dapat memperpanjang umur baterai laptop Anda dan memaksimalkannya. Mudah-mudahan artikel mengenai cara menghemat baterai untuk laptop anda ini dapat berguna untuk semuanya.

Jika baterai laptop Anda lebih tua dari 4 tahun, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli baterai pengganti. Ini sangat penting guna memberikan akselerasi pada kinerja laptop anda terhadap baterai, Seperti yang kita ketahui power utama dari semua kinerja laptop terletak pada baterai.