7 Manfaat Krioterapi Yang Bisa Kamu Dapatkan Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini telah kami rangkum manfaat dari krioterapi yang bisa kamu dapatkan bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengobati tumor hingga migrain.
Manfaat Krioterapi Yang Bisa Kamu Dapatkan Bagi Kesehatan Tubuh

Secara harfiah, cryotherapy/krioterapi mengacu pada jenis terapi menggunakan teknik mendinginkan tubuh. Dalam teknik ini, Anda akan terpapar suhu yang sangat dingin selama beberapa menit. Ada banyak cara untuk melakukan krioterapi untuk tubuh. Misalnya, Anda dapat menggunakan rendaman es, semprotan cairan pendingin, pijat es, kompres es dan lain sebagainya. 

Nah berikut ini telah kami rangkum beberapa manfaat umum bagi tubuh pada saat terapi Krioterapi.

Manfaat Krioterapi Untuk Tubuh Manusia

1. Menghilangkan Gejala Migrain

Dengan teknik krioterapi ini, sangat dimungkinkan untuk mengobati migrain. Cara kerjanya adalah dengan mendinginkan saraf di leher anda. Dalam beberapa percobaan, para peneliti menerapkan kompres es beku pada bagian leher pasien dan itu mengejutkan beberapa penelitian bahwa tekhink krioterapi mengurangi nyeri migrain secara signifikan. Oleh karena itu para ahli menyarankan pada saat terjadi Migrain untuk mengkompres es beku pada leher guna mendinginkan darah yang melewati pembuluh intracranial agar mengurangi rasa nyeri saat migrain.

2. Membius Saraf Untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Iritasi

Krioterapi telah digunakan oleh banyak atlet untuk pengobatan berbagai cedera. Yang terjadi adalah keadaan dingin menyebabkan mati rasa pada saraf yang teriritasi. Untuk itu metode krioterapi sangat berguna sekali untuk anda yang ingin mengurangi rasa sakit akibat iritasi.

3. Mengobati Gangguan Suasana Hati

Dalam hal ini, suhu dingin dapat memicu respons hormonal fisiologis, seperti emisi endorfin, noradrenalin, dan adrenalin. Ini mungkin berdampak positif pada orang yang mengalami gangguan mood, seperti depresi dan kecemasan.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa Krioterapi seluruh tubuh bisa sangat efektif bahkan dalam kasus pengobatan jangka pendek.

4. Mengurangi Nyeri Rematik

Menurut sebuah penelitian, krioterapi seluruh tubuh dapat membantu mengurangi nyeri artritis juga. Relawan mentolerir pengobatan krioterapi berkerja sangat baik dalam banyak percobaan. Oleh karena itu, perawatan ini dapat sesuai untuk perawatan agresif, seperti okupasi dan fisioterapi. Dan oleh sebab itu pendekatan ini telah meningkatkan efektivitas banyak program rehabilitasi.

5. Mengobati Tumor Berisiko Rendah

Krioterapi dapat menjadi pilihan yang efektif sejauh ini menyangkut pengobatan kanker. Dalam terapi ini, sel kanker dibekukan dengan bantuan kristal es. Saat ini, pendekatan ini digunakan untuk mengobati berbagai jenis tumor kanker berisiko rendah, seperti kanker prostat salah satunya.

6. Dapat Mencegah Demensia

Meskipun studi penelitian masih berlangsung untuk mengetahui keefektifan pendekatan ini, para peneliti telah menemukan bahwa krioterapi dapat membantu mencegah Alzheimer dan berbagai jenis demensia. Terapi ini bisa efektif karena efek anti-inflamasi dan antioksidan.

7. Merawat Kondisi Kulit

Dermatitis atopik termasuk dalam daftar penyakit inflamasi kronis pada kulit. Pada penyakit ini, kulit Anda bisa menjadi kering dan gatal. Karena krioterapi dikenal untuk meningkatkan antioksidan, ini dapat membantu mengurangi peradangan.

Singkat cerita, para peneliti memiliki banyak bukti untuk mendukung klaim bahwa terapi ini mungkin menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang perawatan tersebut.

Nah itulah beberapa manfaat dari krioterapi yang bisa kamu dapatkan bagi kesehatan tubuh kamu. Akhir kata kami ucapkan terima kasih banyak telah berkunjung semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih