6 Tips Memilih Software Editing Video Yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut ini tips untuk kamu dalam memilih software editing video yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya. Youtuber perlu baca tips berikut ini.
Tips Memilih Software Editing Video Yang Perlu Kamu Ketahui

Saat ini, banyak dari kita menggunakan software editing video untuk berbagai tujuan. Misalnya, jika kamu adalah seorang youtuber, kamu mungkin memerlukan beberapa software yang cocok  untuk mengedit video dan merendernya ke dalam format yang kamu inginkan. 

Tentu ini memungkinkan untuk menentukan kualitas video yang baik untuk memutar video yang kamu edit di berbagai platform, seperti PC, ponsel, dan pemutar video lainnya. Selain itu, software editing video tentu harus dapat membantu menganimasikan video dengan menambahkan beberapa efek khusus yang lengkap didalamnya. 

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa saran untuk membantu kamu dalam memilihi software editing video sesuai dengan kebutuhan.

6 Tips Memilih Software Editing Video Yang Perlu Kamu Ketahui

1. Membeli Software Editing Original

Hal yang paling umum tentu banyak dari kita semua lebih mengutamakan software editing illegal/bajakan. Memang software editing illegal banyak tersebar di internet dan bisa didapatkan secara gratis, Akan tetapi hal ini tentu banyak merugikan bagi pengalaman software tersebut dan juga membahayakan keamanan komputer kamu sendiri.

Selain bisa didapatkan secara gratis, Software editing illegal pada umumnya banyak beberapa kekurangan seperti banyak bug dan efek-efek khusus yang tidak ada. Untuk itu dalam memilih software editing video disarankan untuk membelinya secara langsung pada marketplace resmi yang menyediakannya.

2. Menetapkan Anggaran

Dalam memilih software editing video hal ini berhubungan dengan nomor 1 diatas yakni menetapkan budget kamu. Karena software editing legal pada umumnya berbayar sangat mahal, tidak semua orang tentu dapat membelinya. Meskipun Anda dapat menggunakan yang gratis atau uji coba, Software mungkin belum tentu dapat memenuhi kebutuhan kamu jika kamu menginginkan fitur lanjutan.

Jadi menetapkan anggaran sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan kualitas editing pada video yang akan kamu buat. Dan tentunya segala proses editing akan lebih terlihat professional jika kamu menggunakan software yang berbayar.

3. Menentukan Software Editor Dengan Format Video Yang Digunakan

Tidak semua software pengeditan video dapat membuka dan mengedit semua format. Oleh karena itu, lebih baik kamu memilih salah satu jenis software editing yang mendukung format yang kamu gunakan. Misalnya, jika kamera yang kamu miliki merekam video dalam format MP4 H265, pastikan software editor video yang kamu gunakan mendukung format ini.

4. Pertimbangkan Antarmuka Software

Jika kamu akan menggunakan software editor video untuk pertama kalinya, pastikan kamu memilih salah satu yang hadir dengan antarmuka yang sederhana. Software editor  yang menampilkan UI sederhana dan ramah untuk pengguna tentu akan membuat kamu jaul lebih mengerti sebagai pemula.

Oleh karena itu, tentu kamu harus mulai dengan program dasar dan kemudian membeli program yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

5. Memilih Software Editor Video Yang Suport Resolusi 4K

Beberapa software editor video banyak yang tidak dirancang untuk bekerja dengan video 4K. Karena jenis video ini memiliki resolusi yang sangat tinggi, pada studi kasus yang lain software editor video dasar mungkin tidak mendukungnya. Oleh karena itu, masuk akal untuk berinvestasi pada software editor berbayar kelas atas untuk jenis pekerjaan pengeditan lanjutan ini.

6. Memeriksa Spesifikasi Pada Komputer

Jika kamu akan menggunakan software editor video premium berbayar, pastikan PC kamu cukup kuat untuk menanganinya. Ditambah, Operating system yang kamu gunakan haruslah kompatibel dengan software editor video.

Kebanyakan orang pastinya akan memilih software editing dengan kualitas dan efek terlengkap, akan tetapi PC yang digunakan belum memumpuni untuk berkerja pada software tersebut. Maka dari itu sebelum membeli atau menggunakan software editor kamu harus terlebih dahulu membaca system requirements yang ada pada software tersebut.

Singkatnya, kami menyarankan kamu untuk mempertimbangkan 6 hal ini sebelum kamu memilih software editor video yang kamu inginkan. Akhir kata kami ucapkan terima kasih banyak telah berkunjung semoga artikel ini dapat membantu anda.