Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Bansos di Aplikasi Cek Bansos

Profil Aplikasi Cek Bansos 

Jadi, sebagaimana disebutkan di atas, bahwasanya aplikasi bansos adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Yang mana, ia bisa digunakan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial, mulai dari BPNT, kemudian BST, PKH, dan yang lainnya.

Selain itu, anda juga bisa melihat siapa saja yang mendapatkan bantuan yang ada di sekitar wilayah, dan bisa memberikan sanggahan juga kalau sekiranya anda beranggapan bahwa si penerima tidak layak mendapatkan bantuan tersebut. Karena ia kaya atau mampu misalnya.

Baca Juga : Begini 2+ Cara Cek Bansos Kemensos Terbaru via Aplikasi Cek bansos

Bukan hanya itu saja, aplikasi cek bansos ini juga memungkinkan anda buat mengusulkan diri sendiri, ataupun tetangga yang memang layak mendapatkan bantuan.

Secara umum, aplikasi ini punya tampilan yang tergolong menarik. Apalagi, pihak developernya menggunakan warna yang soft, sehingga membuat pengguna bisa nyaman menggunakannya dalam waktu yang mungkin agak lama. Aplikasinya juga cukup ringan, dan baru saja diupdate pada tanggal 12 Maret yang lalu.

Dan untuk saat ini sudah ada 3 juta lebih ulasan terhadap aplikasi, dan sudah didownload oleh lebih dari 1 juta orang. Bagi anda yang belum download, bisa download aplikasinya sekarang, supaya bisa mendapatkan atau mendaftarkan diri agar bisa mendapatkan bantuan.

Untuk yang berkeinginan mendaftarkan diri ke BLT atau bantuan sosial, sebanyak 600 ribu ini, silahkan ikuti cara berikut ya.  

1. Mengusulkan

Cara kedua adalah dengan mengusulkan pendaftaran. Yakni dengan cara mengklik menu daftar usulan, dan lanjutkan dengan mengklik menu tambah usulan. 

2. Mengisi formulir

Setelah selesai mengklik menu tambah usulan, maka anda akan diminta untuk mengisi formulir.  Di mana, anda meski meski mengisi formulir tersebut dengan informasi yang valid, sesuai dengan yang ada di KTP. 

3. Pilih jenis bantuan

Kemudian, jika semua data atau formulir sudah selesai, langkah berikutnya adalah dengan memilih jenis bantuan yang ingin anda dapatkan. Dalam hal ini, ada dua jenis bantuan yang bisa dipilih. Yakni BPNT atau PKH.

4. Unggah dokumen

Sementara cara terakhir adalah dengan mengunggah dua buah foto. Yakni, foto KTP yang anda miliki dengan foto rumah bagian depan.

5. Selesai. 

Bagaimana, mudah banget kan? Maka dari itu, tidak ada alasan untuk tidak mendaftarkan diri ya. Namun, pastikan bahwa anda memang layak mendapatkan bantuan ini. Jika sekiranya anda masih mampu, maka tidak perlu mendaftar. Biarkan orang yang lebih membutuhkan yang mendapatkannya ya. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.